Sunday, November 3, 2019

PLN Usulkan Golongan Tarif Listrik 900 VA Tak Diseragamkan

PLN Usulkan Kelompok Biaya Listrik 900 VA Tidak Diseragamkan

, Jakarta - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan menyarankan ke pemerintah supaya kelompok listrik rumah tangga berkapasitas 450 VA serta 900 VA baik yang bersubsidi atau tidak bersubsidi tidak diseragamkan. Ketidaksamaan biaya listrik untuk kelompok listrik itu jadi fakta PLN.

“Sementara untuk yang berkapasitas 1.300 VA ke atas dapat diseragamkan sebab harga telah sama semua,” kata Direktur Usaha Regional Jawa Sisi Timur, Bali serta Nusa Tenggara Djoko Rahardjo Abu Manan waktu dihubungi, Kamis, 9 Oktober 2017.

Mengenai biaya listrik yang ditata pemerintah diantaranya untuk kelompok listrik R1/450 VA yang masih memperoleh bantuan bertarif Rp 415 per kWh serta kelompok R-1/900 VA bersubsidi Rp 586 per kWh. Serta untuk kelompok R-1/900 VA non-subsidi tarifnya Rp 1.352 per kWh. Sesaat untuk kelompok R-1/1.300 VA ke atas harga sama yakni Rp 1.467,28 per kWh.

Djoko menjelaskan saran itu dibikin berdasar analisis oleh PLN atas keinginan pemerintah untuk membahas peluang penyeragaman kelompok listrik rumah tangga dibawah 4.400 VA. PLN mengatakan pemerintah sudah minta perseroan untuk membahas gagasan penyeragaman itu dari bagian usaha serta tehnis.

Djoko menjelaskan PLN akan menyarankan hasil analisis itu dalam rapat dengan Kementerian Daya serta Sumber Daya Mineral dalam tempo dekat. Djoko belum dapat pastikan waktu tentu rapat itu berjalan. “Kami baru presentasi esok atau kapan gw lupa. Tetapi yang tentu minggu ini,” katanya.

Menurut Djoko bila saran PLN itu di setujui karena itu peluang tidak ada kenaikan biaya listrik. “Pemerintah juga katakan tidak ada kenaikan biaya listrik tahun ini kan,” katanya.

Penyeragaman biaya listrik ini mempunyai tujuan untuk menyederhanakan kelompok biaya. Pemerintah memandang kelompok biaya sampai kini kebanyakan. Diluar itu, kata Djoko, penyeragaman ini akan mempermudah konsumen setia hingga tidak butuh meningkatkan daya.

Gagasan penyeragaman ini cuma akan diharuskan buat konsumen setia baru PLN. Hingga buat konsumen setia baru yang dipandang dapat dengan ekonomi cuma bisa menempatkan instalasi listrik berkapasitas 4.400 VA ke atas.

Awalnya, Menteri ESDM Ignasius Jonan menjelaskan PLN akan meniadakan kelas kelompok konsumen setia listrik Rumah Tangga buat penerima non bantuan. Jonan menjelaskan, PLN membagi kelompok konsumen setia listrik RT dalam tiga kelas, yaitu kelompok Rumah Tangga (R-1) 900 VA-RTM, 1.300 VA serta 2.200 VA. Nanti, tiga kelas ini akan dihapus sebab tenggang keduanya termasuk dekat.

Jonan menjelaskan PLN sudah setuju mengubah kelompok berlangganan rumah tangga dari 450 VA, 900 VA, 1.500 VA, 2.200 VA akan dihapus terkecuali yang terima bantuan. Lainnya, katanya, mungkin sekaligus 4.400 VA, 13.200 VA.

"

No comments:

Post a Comment